Indah Indriati

I work hard. I dream big. I love hard. I'm all in.

SOFTSKILL - MATERI ILMU SOSIAL DASAR SEMESTER 3

By 08.08

Ini adalah tugas pertama yang saya terima dari Mata Kuliah Softskill - Ilmu Sosial Dasar ini. Saya juga awalnya tidak tahu kenapa harus ada mata kuliah ini dalam Fakultas Sastra, maka dari itu dosen saya memberi tugas untuk membuat 3 paragraf mengenai mata kuliah ini, yang sumbernya dapat kami ambil dari SAP Gunadarma Online.

SOFTSKILL - ILMU SOSIAL DASAR
FAKULTAS SASTRA
JURUSAN SASTRA INGGRIS


Indah Indriati
15614264
2SA05

SOFTSKILL, ILMU SOSIAL DASAR - Apa itu Ilmu Sosial Dasar? Itu lah yang akan kita pelajari di mata kuliah ini. Mahasiswa harus dapat memahami hakekat dan fungsi ISD dalam perguruan tinggi. Pada pertemuan selanjutnya, mahasiswa harus dapat memahami dan menghayati berbagai kenyataan dan  masalah sosial yang berhubungan dengan perkembangkan individu dan keluarga, bahkan perkembangan pertumbuhan penduduk. Lalu, mahasiswa harus bisa mengerti dan menghayati masalah-masalah kepemudaan serta harus bisa mengetahui apa yang harus mereka lakukan sebagai generasi muda. Jadi mereka akan menghargai kedudukan dan peranan setiap warga negara dalam negara hukum Indonesia.

Mahasiswa akan diajarkan tentang adanya Pelapisan Sosial, Kesamaan Derajat, bahkan peranan Kaum Elite terhadap massa. Mengkaji hubungan antara masyarakat perkotaan dan pedesaan, serta segala aspek positif dan negatif-nya juga adalah materi yang akan kita pelajari di mata kuliah ini. Ilmu Sosial Dasar juga akan membahas tentang pengertian kemiskinan, ilmu pengetahuan, teknologi dan nilai. Lalu, akan mengkaji peranan teknologi tersebut dalam mengatasi kemiskinan. Tidak lupa juga, mata kuliah ini akan mengajarkan tentang agama dan fungsinya dalam masyarakat Indonesia.

Setelah membahas materi yang akan kita pelajari di satu semester ini, saya belum sempat memperkenalkan diri, Saya sendiri adalah Indah Indriati. Seorang mahasiswi yang masih berada ditingkat 2, Fakultas Sastra - Sastra Inggris, Universitas Gunadarma. Saya lahir di Jakarta, 2 September 1996. Lahir memang di Jakarta, tetapi saya tumbuh dan berkembang di Depok. Tentu akan berbeda jika membicarakan lingkungan sosial di Jakarta dan Depok. Lingkungan sosial yang berbeda itu lah yang telah membantu saya tumbuh menjadi seperti sekarang ini. Sebagai mahasiswi di perguruan tinggi, saya memandang bahwa memang mata kuliah ini cukup penting adanya. Dengan materi dan berbagai pelajaran yang dapat kita ambil dari mata kuliah ini, kita akan tumbuh lagi menjadi jiwa yang mempunyai rasa sosial yang tinggi untuk kedepannya.

-
Terima kasih sudah membaca. Mohon maaf bila ada salah kata dan kekurangan.

You Might Also Like

0 komentar