Indah Indriati

I work hard. I dream big. I love hard. I'm all in.

Cara Menciptakan Ide Bisnis Ber-wirausaha

By 06.10

Pernahkah anda berpikir ingin menjadi wirausahawan? Kalau iya, apakah anda bingung ingin menciptakan bisnis/usaha apa? Apakah yang akan anda lakukan jika anda mengalaminya?
Menciptakan ide bisnis? Ya, jawaban anda tepat sekali.
Ide bisnis kreatif memang sulit ditemukan. Bahkan jika anda mencarinya di Google, anda tidak akan menemukannya. Ide bisnis kreatif memang sangat mahal harganya. Jika seseorang menemukan ide bisnis kreatif, untuk apa dia membagikannya pada anda? Kenapa bukan dia saja yang meneruskan saja ide nya itu?
Daripada waktu terbuang percuma untuk mencari ide bisnis kreatif yang tak mungkin anda temukan, lebih baik anda menciptakannya sendiri. Lalu bagaimana cara menciptakan ide bisnis kreatif itu?

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk menentukan ide bisnis kreatif. Yang perlu kita lakukan adalah membaca kondisi dimana bisnis kita tersebut akan dijalankan. Misalnya, kita akan membangun sebuah bisnis tempat makan. Kita harus bisa melihat dimana tempat yang strategis untuk bisnis kita itu. Tempat yang paling strategis adalah tempat disekitar wilayah kampus dimana banyak mahasiswa/i yang 'sudah pasti' akan mencari makan saat jam istirahat dan tak sedikit pula dari mereka yang tinggal (nge-kost) disekitaran wilayah kampus itu. Tak hanya pada siang hari, pada malam hari pun mereka pasti akan mencari makan.
Dengan demikian, semakin jeli kita membaca situasi akan semakin mudah juga kita menciptakan ide bisnis kreatifnya. Lalu, bagaimana cara menciptakan ide bisnis kreatif itu?
1. Lakukan Riset Produk dan Bisnis
 Melakukan riset produk/ bisnis adalah hal yang penting dilakukan. Ini diperlukan agar kita tahu apakah produk yang akan kita keluarkan akan mendapat 'tempat' dipasaran atau tidak.
Lakukan juga riset melalui fasilitas 'browsing'. Hanya dengan mengetikkan kata kunci pada kolom pencarian, berbagai ide bisnis kreatif akan muncul. Anda dapat meramunya kembali atau bahkan dapat memadukannya dengan ide bisnis kreatif yang anda punya. Berhati-hati dan bermain cantik-lah dalam menentukan ide bisnis kreatif. Karena melalui ide itu lah bisnis anda akan dimulai.
2. Belajar dari Sukses Bisnis Lain
    Konsep utamanya adalah ATM - Amati, Tiru, Modifikasi. Kemanapun anda pergi, anda akan melihat berbagai kesuksesan bisnis orang lain. Amati-lah bagaimana cara mereka menjalankannya, lalu modifikasi-lah sesuai dengan gaya anda sendiri
3. Belajar dari Masalah Orang Lain
    Menemukan ide bisnis juga bisa dilakukan dengan mempelajari dan menganalisa keluhan masalah orang lain terhadap produk/bisnis yang sedang berjalan. Tak selamanya bisnis akan berjalan lurus. Terkadang ada saja masalah yang datang. Untuk itu belajar-lah dari masalah mereka yang sudah lebih dulu memulai bisnis.
4. Amati Trend yang Sedang Berkembang
    Perhatikan-lah trend yang sedang berkembang. Trend adalah suatu hal yang sedang dibicarakan banyak orang dan kejadiannya berdasarkan fakta. Apapun yang sedang 'nge-trend' biasanya menjadi incaran masyarakat. Tetapi, walau produk yang sedang nge-trend itu menjanjikan, jangan salah pilih dengan 'nge-trend' yang bersifat sementara. Terkadang, wirausahawan pemula salah memutuskan ide bisnis mereka. Sering kali mereka tergiur dengan hal yang sedang booming, tanpa mereka sadari bahwa hal itu bersifat sementara. Jadi, dalam menentukan ide bisnis ini bukan hanya pengamatan yang kita pakai, tapi strategi yang matang pun dibutuhkan.


Sumber:

You Might Also Like

0 komentar