Indah Indriati

I work hard. I dream big. I love hard. I'm all in.

KEWIRAUSAHAAN - SOFTSKILL

By 05.29

    Sebelum kita mendalami lebih jauh tentang hal-hal yang berkaitan tentang Kewirausahaan, akan lebih baik kita mengenal terlebih dahulu apa Kewirausahaan itu sendiri.
    Berwirausaha sama hal nya dengan berbisnis. Sama-sama bertujuan untuk memperoleh laba (keuntungan). Wirausaha dari segi etimologi berasal dari kata wira dan usaha. Wira, berarti pejuang, pahlawan, manusia unggul, teladan, berbudi luhur, gagah berani dan berwatak agung. Usaha, berarti perbuatan amal, berbuat sesuatu. Arti kewirausahaan menurut beberapa para ahli;
1. Achmad Sanusi, 1994
    Kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan dasar sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses dan hasil bisnis.
2. Drucker, 1959
    Kewirausahaan adalah suatu kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (ability to create the new and different).
3. Zimmerer, 1996
    Kewirausahaan adalah suatu proses penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan.
4. Keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil Nomor 961/KEP/M/XI/1995
    Kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku, dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan, serta menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar.

    Jadi, dapat saya simpulkan bahwa kewirausahaan adalah suatu perilaku atau sikap berinovasi dalam menciptakan hal yang baru dan berbeda menangani suatu persoalan yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan dalam menemukan solusi untuk memperbaiki kehidupan sebelumnya. Para pelaku kewirausahaan (Wirausahawan) memiliki analisis yang tepat, jiwa kepemimpinan, kemauan yang keras, mampu mengambil resiko dan dia juga memiliki kemampuan untuk melihat dan menilai kesempatan yang ada disekitarnya serta kemampuan berkoordinasi dan berorganisasi dengan lingkungannya.

Ciri ciri kewirausahawan yang handal dan profesional;
1. Yakin terhadap produk yang dimiliki
2. Mengenal sangat banyak produknya
3. Tidak berdebat dengan calon pelanggan
4. Komunikatif dan negosiasi Ramah dalam pelayanan
5. Santun Jujur dan berani
6. Menciptakan transaksi 

Referensi:
Sumber: Entrepreneurship, Menjadi Pebisnis ulung oleh Dr. Ir. Eddy Soeryanto Soegoto diterbitkan oleh Kompas Gramedia, tahun 2009 di Jakata.
Sumber: Buku Pintar Pelajaran oleh Drs.Joko Untoro dan Tim Guru Indonesia 
http://ilmuakuntansi.web.id/pengertian-kewirausahaan-menurut-ahli/
www.apapengertianahli.com/2015/06/pengertian-kewirausahaan-dan-wirausaha-ciri-tujuan.html

Indah Indriati - 2SA05

15614264

You Might Also Like

0 komentar