Indah Indriati

I work hard. I dream big. I love hard. I'm all in.

Melihat Peluang Usaha

By 08.44

    Anda ingin menjadi wirausahawan? Banyak orang yang berpikir berulang kali untuk memutuskan menjadi seorang wirausahawan. Bagaimana tidak, Anda harus membangun sistem, memikirkan pengadaan produk yang hendak dijual, membangun sistem pemasaran, mengurusi banyak hal lainnya yang memusingkan, tapi masih harus dihadapkan dengan resiko merugi. Bandingkan dengan seorang pegawai atau karyawan yang pekerjaannya sudah baku sesuai dengan SOP (Standard Operation Procedure) perusahaan, dan pastinya mendapatkan penghasilan tetap serta fasilitas lainnya.
    Perlu kita sadari bahwa ketika memutuskan menjadi seorang wirausahawan, maka Anda sudah maju satu langkah lebih baik dibandingkan mereka yang tidak punya niat untuk memiliki bisnis sendiri. Wirausaha berasal dari kata wira yang berarti manusia unggul, berani dan teladan, sedangkan usaha berarti berbuat sesuatu.


Peluang Wirausaha Skala Kecil
    Peluang wirausaha skala kecil mungkin identik dengan usaha rumahan. Walaupun Anda menjalankan bisnis skala kecil bukan berarti potensi keuntungannya juga kecil. Ada banyak sekali usaha kecil menengah (UKM) yang menghasilkan keuntungan yang besar, bahkan akhirnya menjadi sebuah usaha dalam skala nasional. Namun yang harus diperhatikan adalah menyesuaikan jenis usaha yang akan dijalankan dengan bidang dan minat yang Anda kuasai, setidaknya Anda sedikit banyak mengetahui tentang bisnis yang akan dijalankan. Akan lebih baik lagi bila kita sebelumnya punya pengalaman dalam berbisnis.
    Dunia perniagaan juga termasuk wirausaha skala kecil yang bisa Anda jalankan, misalnya menjual sembako, hasil bumi. Opsi lain jika memang Anda belum memiliki ide sendiri adalah menjadi wirausahawan dengan berbisnis waralaba. Anda tetap berstatus wirausahawan meski waralaba memiliki ikatan kemitraan. Dengan bisnis waralaba Anda bisa memperoleh produk yang sudah cukup dikenal masyarakat, suplai bahan yang terjamin serta sistem yang juga sudah ditentukan.

Peluang Wirausaha Skala Besar
    Untuk wirausaha skala besar memang lebih banyak dijalankan bagi orang yang memiliki modal besar. Ada banyak contoh usaha dalam skala besar seperti; membangun industry (baik itu untuk produksi barang berbahan metal), barang konveksi, tekstil, plastik, dan lain-lain.
    Bisnis di bidang lain jika modal mencukupi, Anda bisa membuka usaha besar seperti SPBU. Bisnis ini sangat potensial mengingat semakin banyaknya kendaraan dan perlatan bermesin yang membutuhkan bahan bakar. Jadi, bisnis SPBU memang akan selalu ramai konsumennya.
    Di sektor lain ada bisnis di dunia pariwisata, misalnya menyediakan jasa (kontraktor) pembuatan kolam renang untuk umum, penginapan villa, hotel dan lain-lain. Anda juga bisa membuka bisnis di bidang olahraga seperti membuka lapangan futsal, pusat kebugaran (fitness/gym), menjual makanan suplemen, dan lainnya.
    Satu lagi contoh bisnis besar yang cukup menggiurkan bagi pemilik modal besar adalah bisnis property. Pembangunan apartement, perumahan dan pusat perbelanjaan saat ini sedang memasuki fase cerah di Indonesia.




Reference:
https://www.maxmanroe.com/melihat-peluang-wirausaha-skala-besar-dan-kecil.html

You Might Also Like

0 komentar